Klasifikasi Jenis-Jenis Helm Motor

June 20, 2017


Helm merupakan perangkat yang penting ketika berkendara. Ketika kita berbicara tentang safety riding, tidak melulu mempersoalkan kecepatan semata. Perangkat pengaman seperti helm tidak bisa dilepaskan atau bisa disebut satu paket sebagai syarat safety riding.

Hari terus berlalu, zaman silih berganti, model helm kian bervariasi. Selera helm orang-orang perkotaan sangatlah berbeda dengan orang-orang di kampung. Bahkan sepeda motor yang digunakan biasanya mempengaruhi niat seseorang menggunakan helm mana yang lebih cocok untuk digunakan. Namun, dari sekian banyak model helm di pasaran, khususnya Indonesia, kita dapat mengklasifikasikannya secara umum.

Karena helm merupakan salah satu hobiku, maka aku akan mencoba memberi sedikit informasi berikut. Ada tiga macam helm berdasarkan klasifikasiku:


1. Half Face Helmet
Half face helmet mungkin agak sulit untuk disebut. Nama lainnya ialah open face. Seperti namanya, helm ini memiliki bagian depan yang terbuka, sehingga muka kita ketika memakai helm ini akan terlihat seluruhnya. 
Helm ini lebih fokus melindungi bagian samping, atas, dan belakang kepala. Di sisi lain, tugasnya ialah memberikan kenyamanan dan gaya bagi pengendaranya. 
Ini adalah jenis helm yang tepat untuk anda yang suka merokok, minum saat lampu lalu lintas berwarna merah menyala, atau mungkin ngemil. Karena bagian depan yang terbuka memungkinkan pengendara makan atau minum dengan mudah tanpa harus melepas helm.
Di Indonesia, helm ini adalah helm yang paling banyak peminatnya. Hal ini karena harga helm half face yang cenderung lebih murah daripada helm full face.


2. Full Face Helmet
Full face helmet, orang awam biasa menyebutnya dengan helm cakil. Dengan bagian depan yang lebih tertutup, memang tidak akan seleluasa helm half face. Hanya bagian mata saja yang terlihat, sisanya tertutup oleh cangkang si helm. Namun dengan itu helm ini lebih baik dalam memberikan perlindungan pada kepala. Sudah tidak heran jika di ajang balapan motor, helm ini lebih banyak atau bahkan sudah pasti semua memakai helm jenis ini.
Orang yang suka merokok dijalanan sudah pasti tidak cocok dengan helm ini. Namun apa salahnya jika kita mementingkan keselamatan sejenak. Tak perlu memandang jenis motor yang dipakai, asalkan sadar akan keselamatan, helm ini cocok digunakan. Sudah bukan jamannya malu karena motor bebek, vespa, skutik, menggunakan helm fullface.
Untuk urusan harga, sudah dikatakan sebelumnya, helm ini relatif lebih mahal daripada helm half face, sebanding dengan perlindungan yang diberikan.


3. Modular Helmet
Sudah bisa ditebak bentuk helmnya, karena umumnya hanya ada 2 yaitu half face dan full face. Namun karena zaman kian canggih maka ada helm yang bisa digunakan sebagai keduanya. Modular merupakan helm yang bisa diubah-ubah dari full face ke half face dan sebaliknya.
Helm ini sangat cocok untuk tipe orang yang berhemat. Karena orang berhemat biasanya kan nyari barang yang multi fungsi, betul?...
Untuk berkendara santai helm modular ini sangat nyaman karena "moncongnya" bisa dibuka atau mungkin dilepas menjadi layaknya helm half face. Sangat cocok bagi yang suka merokok sambil berkendara. (awas abunya kena pengendara lain...)
Bagaimana untuk perjalanan jauh? its Easy! karena berkendara jarak jauh biasanya lebih mengutamakan keselamatan maka tinggal ubah helm ke mode full face.
Intinya secara bentuk dan fungsionalitas bisa dikatakan sebagai perpaduan dari kedua diatas.

Kurang lebih tiga itu klasifikasi menurut saya, atau mungkin kamu mau menambahkan silahkan isi di kolom komentar. Jika menurut saya oke, maka tulisan ini akan saya update supaya lebih informatif. Thanks

You Might Also Like

0 comments


Quotes

Like us on Facebook